Suara Knalpot “Tek-tek” Apakah itu Rusak?

Banyak yang berpendapat bahwa suara tek-tek pada knalpot motor setelah motor dimatikan adalah sebuah masalah kerusakan. Padahal itu

Suara Knalpot "Tek-tek" Apakah itu RusakApakah kamu sering mendengar atau pernah mendengar bunyi knalpot “tek-tek” saat motor dimatikan? Mungkin untuk sebagian pengguna motor akan heran dengan bunyi tersebut, ada juga yang acuh saat mendengarnya. Jika bunyi tersebut menimpa motor kamu, dan kamu membandingkan dengan motor orang lain yang tidak ada bunyi sama sekali, maka jangan panik! Tanggapilah dengan santai, bacalah pembahasannya di bawah ini.

Banyak yang berpendapat bahwa suara tek-tek pada knalpot motor setelah motor dimatikan adalah sebuah masalah kerusakan. Padahal itu bukan kerusakan, sebenarnya itu adalah hal yang wajar terjadi pada knalpot motor.

Ingin tahun Jenis-jenis bensin yang cocok untuk motor matic? Silahkan baca artikelnya di sini : Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Motor Matic

Suara tersebut sebanarnya berasal dari saringan knalpot yang terbuat dari bahan logam yang sedang dalam proses penyusutan. Pada saat motor dalam keadaan hidup, terutama dalam waktu yang cukup lama, maka saringan tersebut memuai karena panas. Setelah itu motor dimatikan, komponen yang sama pun ikut menyusut. Perbedaannya adalah kecepatan saat penyusutan, itulah penyebab suara tek-tek pada knalpot.

Biasanya bunyi ini terjadi pada motor baru, semua komponennya masih dalam keadaan baru dan bagus. Kalau saringan knalpot tersebut dalam keadaan sudah lama dipakai, ini tidak akan mengeluarkan suara tek-tek. Karena sistem kerjanya sudah seperti itu, suara tek-tek akan hilang seiring dengan mendinginnya semua komponen knalpot.

Harus kamu ketahui, suara ini terjadi hampir pada semua motor matik. Karena setiap jenis motor mempunyai desain konstruksi knalpot yang berbeda. Biasanya knalpot yang sering bunyi saat dimatikan adalah Yamaha Mio, dan Honda Vario 125.

Bagaimana dengan knalpot modifikasi? Pada umumnya knalpot modifikasi tidak mengeluarkan bunyi tek-tek saat motor dimatikan.
Menurut beberapa mekanik motor yang menanggapi bunyi tek-tek pada knalpot, berpendapat bahwa bunyi itu wajar, itu menandakan bahwa knalpot dalam keadaan panas. Jadi jangan coba-coba untuk memegang knalpot saat ada tanda bunyi tek-tek.

Demikianlah penjelasan tentang Suara Knalpot Motor ‘Tek-Tek’ Saat Dimatikan. Jadi sekarang kamu jangan panik, atau curiga ada kerusakan. Jangan sampai berusaha untuk menghilangkan bunyi tersebut ke bengkel, mending kalau bengkelnya jujur, kalau enggak, kamu akan kena tipu bengkel.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan