Strategi Cara Menjual Rumah Tanpa Perantara

Menjual rumah tanpa perantara dibutuhkan strategi penjualan yang baik

Menjual Rumah itu bukan seperti menjual barang-barang biasa yang proses transaksinya cepat. Tahu sendiri kan bagaimana proses penjualannya? Ribet. Selain harganya yang bisa mencapai miliaran rupiah, proses transaksi jual beli rumah itu, terbilang rumit dan butuh kesabaran.

Menjual rumah tanpa perantara dibutuhkan strategi penjualan yang baik

Di sekeliling tempat tinggal kita, sering menyaksikan orang-orang yang menjual rumah dengan menempelkan atau menggantungkan papan penjualan.

Betapa lamanya rumah-rumah mereka terjual, bisa berbulan-bulan, bahkan bisa tahunan rumah baru bisa terjual. Disini kita harus memaklumi, kenapa itu bisa begitu lama?

Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan rumah sulit sekali terjual, selain telah dituliskan di atas, ada yang mempengaruhi sehingga terasa ada yang mengganjal dengan penawaran yang Anda buat.

Oke, tulisan ini saya khususkan untuk Anda yang sedang kebingungan atau yang baru saja mulai menjual properti kesayangan Anda yaitu rumah.

Selain memperbanyak berdoa kepada yang maha kuasa, kita juga harus berusaha sekuat mungkin untuk menjual properti kita supaya laku.

Untuk penjualannya itu terserah Anda, mau memakai jasa broker, perantara (calo) atau Anda ingin menjualnya tanpa jasa mereka (dijual sendiri tanpa perantara). Anda pasti tahu sendiri kan, kalau memakai jasa perantara Anda harus memberi komisi kepada mereka, keuntungannya Anda tidak terlalu memikirkan strategi menjual rumah. Kalau Anda menjualnya tanpa jasa perantara, keuntungannya uang hasil penjualan rumah akan utuh semua ada di tangan Anda, tapi Anda harus banyak berpikir tentang cara penjualannya.

Nah tips yang akan saya tulis kali ini adalah yang tanpa perantara. Ini berdasarkan pengalaman paman saya sendiri sewaktu menjual rumah kakek saya tanpa menempelkan atau menggantungkan pengumuman “Rumah ini akan dijual”, dan ini berhasil tanpa memakan waktu lama, mungkin sekitar sebulan lebih lah rumah kakek saya berhasil terjual.

Strategi Cara Cepat Menjual Rumah Tanpa Perantara

  1. Kosongkan Rumah yang akan Dijual. Ini perlu, Anda harus mengosongkan barang-barang, sisakan sedikit saja, yang kira-kira berguna dan penting jika kalau ada calon pembeli datang melihat-lihat rumah yang Anda tawarkan.
  2. Buatlah Calon Pembeli Nyaman dengan Kondisi Rumah Anda. Pada bagian ini Anda harus mengusai ilmu komunikasi pemasaran yang baik, bertuturkatalah yang membuat nyaman calon pembeli, dan jangan canggung. Buatlah calon pembeli terpikat memperhatikan setiap kata-kata yang diungkapkan oleh Anda.
  3. Ceritakan Kelebihan dan Keuntungan Lingkungan Di Sekitar Rumah Anda. Disini Anda perlu memberitahu tentang fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat ibadah, tempat rekreasi, tempat belanja, rumah makan, taman, dan lain sebagainya. Jangan canggung untuk berbagi cerita tentang kehidupan sehari-sehari di sekitar lingkungan rumah Anda.
  4. Jangan Ada Ruangan Terlihat Tidak ada Guna. Mungkin di bagian-bagian rumah Anda ada beberapa ruangan kecil atau besar yang terlihat tidak ada guna atau tidak jelas fungsinya untuk apa. Jikalau memang ada bagian tersebut, maka isilah dengan barang-barang yang berguna, tatalah dengan sedemikan rupa sehingga terlihat fungsional.
  5. Perbaiki Bagian-bagian Rumah yang Sudah Rusak. Ini juga perlu sekali, jadi sebelum Anda memutuskan tawarkan ke publik, usahakan bagian rumah yang rusak perbaikilah dahulu. Kalau misalnya cat rumah sudah terlihat kusam, maka cat kembali rumah Anda biar terlihat fresh.
  6. Pasanglah Harga Normal. Anda jangan mematok harga rumah Anda dengan harga yang fantastis mahalnya, mentang-mentang di pinggir jalan, Anda mematoknya dengan harga mahal, percayalah rumah Anda akan sulit sekali terjual.
  7. Manfaatkanlah Media Sosial. Untuk sekarang ini, hampir semua masyarakat Indonesia terhubung dengan media sosial. Ada baiknya Anda menawarkan rumah Anda, dan jangan ketinggalan, pastikan foto rumah Anda terlihat bagus dan menarik. Tapi awas ya harus hati-hati terhadap penipuan.

Ini penting, Silahkan dibaca : Cara Jual Beli Tanah yang Sah Menurut Negara

Itulah beberapa strategi marketing yang saya tawarkan untuk menjual rumah Anda. Selain tips di atas, ada satu tips lagi yang harus Anda pegang, yaitu jangan putus asa, tetap semangat dan optimis.

Demikianlah pembahasan tentang tips Strategi Cara Menjual Rumah Tanpa Perantara. Semoga dengan tips ini bisa membantu Anda atau menambah inspirasi Anda dalam menjual rumah, dan saya berharap semoga tips yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan