VPN Gratis Bahaya untuk Komputer dan Smartphone

Jaminan kemanan VPN Berbayar tidak sepenuhnya aman, apalagi VPN Gratis, banyak sekali kelemahannya yang mengakibatkan kemananan komputer dan smartphone kita terancam. Lalu, bahaya apa saja yang bisa mengancam keamanan komputer dan smartphone kita? Berikut akan saya jelaskan

Jaminan kemanan VPN Berbayar tidak sepenuhnya aman, apalagi VPN Gratis, banyak sekali kelemahannya yang mengakibatkan kemananan komputer dan smartphone kita terancam. Lalu, bahaya apa saja yang bisa mengancam keamanan komputer dan smartphone kita? Berikut akan saya jelaskanPenggunaan VPN GRATIS akhir-akhir ini sangat marak dipakai oleh para netizen saat berseluncur di internet.

Kita tahu dengan menggunakan VPN kita bebas kemana pun kita mau, oh iya sebelum dilanjutkan kita bahas sedikit apa itu VPN.

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang artinya koneksi jaringan internet yang sifatnya personal alias pribadi.

Aksesnya melalui jaringan internet publik dan pastinya pengguna VPN secara otomatis bertukar sumber daya secara privat melalui akses internet jaringan publik tersebut.

Hampir semua pengguna internet yang biasa pakai VPN, “dengan menggunakan VPN koneksi internet akan lebih aman dibandingkan dengan koneksi umum.”

Pendapat itu benar sekali, tapi ingat, jaminan kemanan VPN Berbayar tidak sepenuhnya aman, apalagi VPN Gratis, banyak sekali kelemahannya yang mengakibatkan kemananan komputer dan smartphone kita terancam.

Lalu, bahaya apa saja yang bisa mengancam keamanan komputer dan smartphone kita? Berikut akan saya jelaskan.

Bahaya VPN Gratis untuk Keamanan Komputer dan Smartphone Anda

1. IP Komputer atau Smartphone Anda dijadikan Network End-Point

IP Address komputer atau smartphone Anda dijadikan Network Endpoint oleh pihak penyedia layanan VPN Gratisan.

Yang lebih parahnya, network Endpoint Anda jika bagus akan dijual oleh si penyedia layanan VPN Gratis.

Apa sih network Endpoint itu? Secara garis besarnya adalah sebagai batu loncatan yang fungsinya untuk meningkatkan bandwith VPN milik si penyedia layanan VPN.

2. Data Anda Dijual

Resiko menggunakan VPN Gratis adalah Data Anda akan dijual secara ilegal.

Banyak sekali kasus penjualan data ilegal di negara-negara luar, mereka menjualnya ke pihak ketiga seperti dijual ke para hacker, atau perusahaan-perusahaan besar.

3. Masuknya Adware

Para penyedia layanan VPN Gratis tidak mempunyai pendapatan yang jelas, mereka sangat mengandalkan iklan, dengan iklan lah mereka hidup.

Biasanya gejalanya timbul iklan yang tidak kita undang, tiba-tiba iklan muncul dan sangat menggangu di browser komputer ataupun di smartphone.

4. IP Address dan Data Anda akan Bocor

Ini sudah pasti dan tidak bisa terelakan jika Anda memakai VPN Gratis, IP Address dan data Anda akan bocor kemana-mana alias bocor ke publik.

Harus Anda ketahui, cara kerjanya VPN itu seperti terowongan dengan jalur rahasia untuk menuju ke tempat tujuan, yaitu jaringan internet.

5. Siap-siap dari Berbagai Serangan dan Pantauan Man in the Middle

Antara Anda,VPN, dan Internet ada orang di bagian tengahnya, itulah yang dimaksud dengan Man in the Middle.

Orang ini berada di tengah-tengah jalur komunikasi jaringan internet yang kapanpun bisa membaca data Anda, membajak semua data komputer dan Smartphone Anda, bahkan bisa dengan bebas menyisipkan program malware, ataupun jenis virus ke komputer atau smartphone Anda.

Jika Anda ingin memakai cara saya dalam mengakses internet secara gratis, silahkan dibaca cara : Mau Internet Gratis Selamanya, Lihat Caranya Disini

Inilah Perbedaan Antara VPN Gratis dan VPN Berbayar

VPN Gratisan :

  1. koneksi internetnya lambat, lemot dan tidak stabil
  2. Bandwith sangat terbatas
  3. Adanya DNS Leak
  4. Level security sangat tidak aman, lemah sekali
  5. Bug dimana-mana

VPN Premium/ Berbayar :

  1. Koneksi internet sangat cepat dan stabil
  2. Bandwith tidak terbatas
  3. Tingak security sangat tinggi
  4. Terhindar dari DNS Leak
  5. Celah Bug dijamin tertutup

Penutup dan Kesimpulan

Antara VPN Gratis dan VPN berbayar sebetulnya hampir sama saja, tapi ada sedikit perbedaan, namun tetap harus hati-hati, jangan percaya 100% kepada keamanan VPN berbayar.

Untuk VPN Gratis, ya namanya juga gratis Anda dipaksa untuk menerima semua ketentuan dari si penyedia layanan, yang penting bisa pakai VPN.

Jika Anda ingin tanya jawab di forum yang khusus membahas jaringan internet, silahkan bergabung di Komunitas Indonesia Open Source

Nah, saran dari saya, untuk menghindari dari hal-hal yang sudah dibahas di atas, sebaiknya Stop menggunakan VPN Gratis.

Jika Anda menggunakan VPN Gratis di komputer utama Anda atau Smartphone kesayangan Anda dimana banyak data penting, itu sama saja bunuh diri.

Kecuali Anda memakainya di warnet, atau komputer, laptop yang khusus untuk browsing extreme dimana data penting Anda tidak ada.

Semoga pembahasan VPN Gratis Mengancam Keamanan Komputer dan Smartphone ini bisa bermanfaat untuk semuanya, dan terima kasih banyak telah berkunjung ke blog saya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan