Tips Cara Ganti Oli Motor Berdasarkan Pemakaian

Cara ganti oli motor yang benar untuk para pengguna sepeda motor hukumnya adalah wajib

 Cara ganti oli motor yang benar untuk para pengguna sepeda motor hukumnya adalah wajib
Photo by Robert Couse Baker

Ganti Oli Motor di Indonesia cukup murah dibanding negara yang lain. Untuk pengguna sepeda motor beruntunglah kalian hidup di negara ini, karena biaya perawatan sepeda motor di kita ini termasuk yang paling murah-meriah.

Tapi kalian harus ingat, semudah apapun perawatan sepeda motor, kalian harus tetap membawa sepeda motor kalian ke bengkel untuk ganti oli.

karena cara ganti oli motor yang benar berdasarkan pemakaian untuk para pengguna sepeda motor hukumnya adalah wajib.

Pastinya kalian telah membaca buku panduan yang diberikan dealer motor sewaktu kalian baru membeli (kredit) motor. Di dalam buku tersebut tertera dengan jelas cara ganti oli yang benar, dan berkala.

Tapi ada pengguna sepeda motor yang malas membaca buku tersebut dan enggan mengikuti petunjuk yang dianjurkan dalam buku panduan, memilih untuk ganti oli motor berdasarkan jangka waktu.

Misalnya seperti sebulan sekali, dua bulan sekali, dan seterusnya. Berikut penjelasannya yang saya kutip dari viva.co.id (24/10/2017)

Silahkan dibaca : Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Motor Matic

Menurut Ade Rohman, seorang Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM)

“Apabila sepeda motor digunakannya setiap hari dengan jarak tempuh yang cukup jauh  disarankan mengganti oli motornya berdasarkan jarak tempuh (kilometer).”

Dan untuk motor yang jarang dipakai, beliau menyarankan agar ganti oli dilakukan berdasarkan patokan waktu atau patokan bulan.

Jadi bagi kalian yang sepeda motornya dipakai setiap hari dengan jarak tempuh sekitar 10-30 menit sekali berangkat, sebaiknya ganti oli berdasarkan jarak tempuh (kilometer).

“saya pribadi yang sering menggunakan motor kemana-mana setiap hari, jadwal ganti oli saya adalah setiap 1000 Km.”

Jika motor kesayangan kalian ingin berumur panjang, perawatan pertama yang harus kalian perhatikan dan kalian lakukan adalah ganti oli.

Lakukanlah ganti oli secara disiplin, dan jangan menggunakan oli yang kualitasnya diragukan, biasanya dijual berdasarkan harga yang cukup murah.

Pakailah oli yang sudah terbukti kualitasnya yang disarankan oleh mekanik pada dealer motor kalian.

Demikianlah Cara Ganti Oli Motor yang baik, mudah-mudahan Tips yang tulis ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog saya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan