Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Tahu

Perlengkapan Bayi baru lahir sangat penting untuk disiapkan, supaya ketika proses kelahiran sudah selesai, tidak membuat repot banyak orang. Ini dapat membantu kenyamanan bayi yang baru lahir.

Pengetahuan tentang Perlengkapan untuk bayi yang baru lahir ini bukan hanya untuk para ibu saja, tapi para suami juga harus ta

Menantikan kelahiran bayi itu sungguh menyenangkan sekaligus deg-deggan, terutama untuk yang baru mempunyai anak alias pasangan yang baru menikah. Sangat tidak lucu, jika bayi yang baru lahir, perlengkapannya tidak ada, atau tidak lengkap.

Pengetahuan tentang Perlengkapan untuk bayi yang baru lahir ini bukan hanya untuk para ibu saja, tapi para suami juga harus tahu.

Dalam memilih perlengkapan untuk bayi haruslah berhati-hati, jangan tergoda oleh bentuk yang unik, atau harga yang mengguirkan.

Kita harus menilainya dari segi kualitas dan manfaatnya, supaya perlengkapan tersebut bisa bertahan lama dan tidak membahayakan kesehatan bayi.

Berikut ini peralatan yang harus dipersiapkan.

Perlengkapan untuk Bayi yang Baru Lahir

1. Perlengkapan Mandi Bayi. Ini sangat penting seperti, Perlak, Bak mandi sabun mandi cair atau batangan, shampoo, perlak mandi untuk alas ganti pakaian, kapas, bedak, tisu basah, minyak telon, gunting kuku, karena kuku bayi lebih cepat panjang, handuk bahannya harus nyaman dan dapat menyerap keringat.

2. Perlengkapan Pakaian Bayi. Pada waktu usia kandungan 4-5 bulan dokter sudah bisa melihat  di USG kelamin calon bayi, dan untuk memastikan kembali, periksalah calon bayi pada usia 8 bulan (USG).

Persiapkanlah pakaian bayi baru lahir yang sesuai jenis kelamin calon bayi. Jika bayi sudah lahir jangan biarkan bayi hanya menggunakan gurita saja lalu dibedong, tetap bayi harus dipakaikan baju.

Saran dari saya, pilihlah baju bayi yang mempunyai kancing di depan, bahannya harus lembut, dan menyerap keringat, jangan lupa siapkanlah kaos tangan dan kaki, popok, jaket, topi, dan celana yang tidak ada tutup di bagian bawahnya.

3. Perlengkapan Bepergian Bayi. Orang tua dan bayi tidak selamanya ada di rumah, pasti sewaktu-waktu akan keluar rumah, entah itu ke posyandu, atau ke dokter untuk kontrol pasca melahirkan.

Yang harus dipersiapkan untuk Perlengkapan Bepergian adalah seperti, gendongan bayi, tas yang cukup besar yang fungsinya untuk membawa baju, calana, botol asi, susu, dll.

Silahkan dibaca kisah saya: Sekarang Saya Punya Bayi Kembar

4. Perlengkapan Kesehatan Bayi. Berikut perlatannya kassa, thermometer, minyak telon, dan betadine

Saran, rutinlah cek suhu tubuh bayi, karena bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap kondisi orang dewasa.

5. Perlengkapan Tidur Bayi. Orang tua harus membeli perlatan tidur bayi lengkap dengan bantal guling, perlak besar dan kecil, selimut yang lembut, kain yang mudah menyerap keringat (alas bayi), usakan harus menjaga suhu ruangan tempat tidur bayi, jangan terlalu dingin atau terlalu panas.

Itulah perlengkapan bayi yang baru lahir yang harus dimiliki, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan