Nikmatnya Sate Madura

Saya pribadi termasuk penggemar sate Madura tulen, Nikmatnya Sate Madura sungguh sangat membuat hati ini menjadi senang

Nikmatnya Sate MaduraPasti sobat semua sudah tidak asing lagi dengan sate Madura kan? Mereka ada dimana-mana, tidak sulit untuk mencarinya. Menurut saya, pedagang sate Madura hampir tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Entah siapa yang memulai, dari semenjak saya kecil, abang-abang yang jual sate Madura di daerah saya sudah ada.

Mengenai rasanya, pasti lidah sobat semua sudah tidak asing lagi kan? Bagaimana rasa khasnya sate Madura? Bumbu kacangnya yang meresap ke dalam daging, dan bumbu kacangnya yang begitu nikmat, itulah sensasi rasa sate Madura yang saya rasakan.

Sate Madura menyediakan tiga jenis daging untuk konsumennya, yaitu Ayam, Sapi, dan Kambing. Yang saya tahu, sate Ayam lah yang menjadi favorit masyarakat. Tapi sate sapi juga banyak loh penggemarnya, begitu juga sate kambingnya. Saya perhatikan, sate kambing lah yang paling cepat habis. Mungkin karena stock daging kambing yang terbatas, jadi sate Kambing yang dijual sedikit, paling hitungan jam saja, sate Kambing langsung habis. Berbeda dengan sate Ayam dan sate Sapi, karena stock dagingnya banyak, apalagi sate Ayam, jadi sate Ayam dan sate Sapi paling banyak dijual.

Mengenai bumbu kacangnya, menurut saya, selain kacang yang digiling dan diolah, pasti ada bumbu rahasia di dalamnya. Sobat semua pasti sudah tahu kan rasa bumbu kacangnya? Begitu “nylepp,”¬†dan meresap ke dalam lidah.

Yang saya lihat dari proses pembakaran dagingnya, sebelum daging dibakar, daging di balur dulu sama bumbu kacang, dan kecap. Lalu ditengah-tengah proses pembakaran daging, daging diangkat lagi lalu dibalur lagi dengan bumbu kacang dan kecap. Menurut saya, itulah yang menyebabkan minyak dari bumbu kacangnya meresap masuk ke dalam daging.

Saya pribadi termasuk penggemar sate Madura tulen. Kadang kalau punya uang lebih saya dan keluarga suka membuat party kecil-kecilan di rumah, dengan menu utamaya sate Madura. Saya paling suka sate Madura itu pakai bawang merah mentah yang diaduk bersama bumbu kacang. Sensasi rasa bawang merah mentahnya itu loh, bersatu dengan bumbu kacangnya yang nikmat, sungguh sangat membuat hati ini menjadi senang.

Tinggalkan Balasan