Menghemat Baterai Android Berdasarkan Pengalaman

Dari awal punya Android sampai sekarang selalu mengidam-idamkan smartphone dengan baterai awet alias tidak boros. Searching di google tentang cara menghemat baterai android sudah saya lakukan, dari mulai download apilkasi penghemat baterai, sampai melakukan trik yang tidak masuk akal sudah saya lakukan.

Dari awal punya Android sampai sekarang selalu mengidam-idamkan smartphone dengan baterai awet alias tidak boros. Searching di google tentang cara menghemat baterai android sudah saya lakukan, dari mulai download apilkasi penghemat baterai, sampai melakukan trik yang tidak masuk akal sudah saya lakukan.Menghemat Baterai Android selalu menjadi masalah utama para pengguna smartphone Android, berbagai cara dilakukan hanya untuk menemukan solusi.

Termasuk saya pribadi, dari awal punya Android sampai sekarang selalu mengidam-idamkan smartphone dengan baterai awet alias tidak boros

Searching di google tentang cara menghemat baterai android sudah saya lakukan, dari mulai download apilkasi penghemat baterai, sampai melakukan trik yang tidak masuk akal sudah saya lakukan.

Namun hasilnya nihil, tetap saja boros.

Di situ saya mulai sadar, masalah ini harus dikembalikan kepada diri saya sendiri, sebarapa seringkah, atau seberapa beratkah saya dalam menggunakan smartphone.

Kegiatan saya dalam menggunakan smartphone Android cukup parah, dari mulai main game, chating, ngetik artikel, edit video, searching, kepoin mantan di sosmed, dll.

Bayangkan dengan aktivitas seperti itu, pastilah smartphone saya kelelahan, dan sangat menguras isi baterai, jangan harap baterai bisa irit.

Sesuai dengan berjalannya waktu, akhirnya saya menemukan solusi atas permasalahan baterai android cepat habis, sampai saya tahu celah mana saja yang membuat konsumsi baterai android cepat habis.

Oke, simak dan baca baik-baik ya, karena ini berdasarkan pengalaman saya.

Cara Menghemat Baterai Android Berdasarkan Pengalaman Saya

1. Matikan Data Seluler

Jika kita tidak ada aktifitas yang mengharuskan menggunakan jaringan internet, maka sebaiknya data selular smartphone dimatikan.

Cara ini cukup ampuh untuk menghemat baterai, dan sudah terbukti 1oo% oleh hampir pengguna smartphone android.

2. Kurangi Cahaya Layar

Cahaya layar sangat mempengaruhi pada daya konsumsi baterai, jadi sebaiknya, kurangi pencahayaan layar smartphone.

Kalau smarthone saya, cahaya layarnya saya setting sedikit di bawah normal.

3. Ganti Aplikasi Facebook

Jika kalian memakai aplikasi facebook asli, sebaiknya ganti ke facebook lite.

Ini sudah terbukti, dan sudah saya rasakan sendiri hasilnya, baterai smartphone saya jauh lebih irit setelah memakai facebook lite.

4. Unistall Aplikasi dan Game yang Jarang Dipakai

Jika di smartphone kalian terdapat banyak aplikasi dan game yang jarang dipakai sebaiknya uninstal, jangan dibiarkan bersemayam lama di smartphone kalian.

Ini sangat berpengaruh pada daya konsumsi baterai smartphone kalian.

Baca juga tentang resiko banyak aplikasi yang terinstal pada smartphone android: Awas Mayoritas Aplikasi Android Berbahaya

5. Matikan Aplikasi yang Berjalan

Maksudnya, cari aplikasi”bukan sistem” yang sama sekali tidak penting, tapi kalian sewaktu-waktu membutuhkan aplikasi tersebut, lalu matikan.

Ini sering saya lakukan, dan hasilnya lumayan memuaskan, baterai jadi lebih irit.

6. Tutup Semua Aplikasi

Jika kalian sudah menggunakan smartphone, saya sarankan untuk menutup semua aplikasi yang sudah kalian pakai.

Rasakan sensainya, baterai kalian akan cepat dingin loh.

7. Matikan Lokasi

Ini juga berpengaruh besar terhadap konsumsi baterai, sebaiknya jika tidak diperlukan alangkah baiknya kalian mematikan lokasi pada smartphone kalian.

Cara Menghemat Baterai Android Saat Main Game

Jika kalian seorang gamer alias yang hobi main game Android dan mengeluh baterainya sering cepat habis, kalian harus tahu cara menghemat baterai android saat main game.

Supaya aktifitas main game kalian tidak terganggu dengan pemberitahuan baterai akan habis. Dibaca ya!

1. Mematikan atau Mengecilkan Volume

Caranya, masuk ke menu setting yang ada dalam game android, lalu cari sound atau musik. Jangan ragu dan jangan bimbang langsung saja, matikan atau kecilkan volumenya.

2. Kurangi Grafis Game

Ini juga sama caranya seperti di atas. Dengan mengurangi grafis game, maka konsumsi baterai akan berkurang dengan baik.

3. Gunakan Mode Pesawat

Hanya game offline saja yang bisa menggunakan mode pesawat, kalau game online tentunya tidak bisa, kecuali kalian menggunakan wifi, baru bisa menggunakan mode pesawat.

Penutup

Semua cara yang saya tulis di atas tidak menjamin membuat baterai android irit 100%, paling bisa menghemat sampai 60%-70%.

Untuk lebih lengkapnya tentang cara menghemat baterai android, ada baiknya kalian baca langsung dari support google nexus

Tentunya seperti yang saya tulis sebelumnya, balik lagi, tergantung kepada diri Anda sendiri dalam memperlakukan Android kesayangan kalian.

Demikianlah pembahasan tentang cara Menghemat Baterai Android Berdasarkan Pengalam Saya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan