Menggunakan WhatsApp Business untuk Usaha Anda

Dengan beberapa inovasi dan beberapa fitur khusus untuk berbisnis, maka terciptalah Whatsapp Business. Dengan hadirnya WA Business tentunya ini disambut baik oleh para pelaku usaha

Apa Itu WhatsApp Business, yaitu aplikasi yang ditujukan kepada para pengguna Whatsapp untuk mengelola dan mengoptimalkan usahanya.

Dengan beberapa inovasi dan beberapa fitur khusus untuk berbisnis, maka terciptalah Whatsapp Business. Dengan hadirnya WA Business tentunya ini disambut baik oleh para pelaku usaha

Pihak WhatsApp pastinya sering menemukan banyaknya akun WA yang dijadikan sarana resmi untuk melayani bisnis penggunanya. Dirasa ini mungkin mengganggu dan tidak enak didengar oleh pihak WhatsApp,

Yang tadinya aplikasi WA hanya untuk komunikasi biasa saja, ternyata banyak dijadikan sarana berbisnis. Menurut saya ini adalah bentuk kepedulian Whatsapp terhadap para penggunanya.

Dengan beberapa inovasi dan beberapa fitur khusus untuk berbisnis, maka terciptalah Whatsapp Business.

Dengan hadirnya WA Business tentunya ini disambut baik oleh para pelaku usaha, karena tidak lagi bersusah payah dalam mengelola berbagai urusan di dalam Whatsapp.

Inilah Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

1. Adanya Fitur Profil Bisnis

Profil WhatsApp Business harus diisi

Profil ini wajib diisi, ya namanaya juga untuk bisnis, pastilah profil bisnisnya harus jelas. Disini Anda harus mengisi beberapa keterangan dengan jelas.

2. Nama Akun WhatsApp Business tidak Bisa Dirubah

Pemberian nama dalam akun WhatsApp Business tidak bisa dirubah dan tidak boleh main-main.

Pemberian nama dalam akun WA Business tidak boleh main-main.

Anda akan menemukan peringatan ini pada awal Anda selesai mengunduh atau mendownload WhatsApp Business di Play Store.

3. Adanya Fitur Auto Response

WhatsApp Business menghadirkan fitur khusus yaitu Auto Response. Anda selaku pemilik bisnis bisa menciptakan berbagai macam pesan balasan yang Anda tulis sendiri, dan fitur ini bekerja secara otomatis

Kita tahu, pelanggan adalah raja, Anda selaku pemilik bisnis atau usaha harus melayani para pelanggan dengan baik setiap saat mereka menghubungi Anda.

Ternyata pihak WhatsApp sangat mengerti akan hal ini, dimana kondisi Anda sangat tidak memungkinkan untuk membalas semua pertanyaan para pelanggan.

WhatsApp Business menghadirkan fitur khusus yaitu Auto Response. Anda selaku pemilik bisnis bisa menciptakan berbagai macam pesan balasan yang Anda tulis sendiri, dan fitur ini bekerja secara otomatis ketika Anda sangat sibuk dan tidak ada waktu untuk membalas semua pesan atau pertanyaan para pelanggan.

4. Memakai Nomor Telepon atau Nomor HP Perusahaan

Inilah fitur yang unik dan menarik menurut saya, karena WhatsApp Business bisa memakai nomor telepon perusahaan (nomor telepon biasa bukan nomor seluler), memakai nomor selular juga bisa.

Fitur inilah yang membedakan antara WhatsApp biasa dan WhatsBusiness. Fitur ini sangat membantu, karena WhatsApp Business bisa diinstall bersamaan dengan WhatsApp biasa dengan nomor yang berbeda.

5. Adanya Statistik dan Analisa Data dari Interaksi Pelanggan

Fitur ini sangat penting sekali untuk kemajuan bisnis Anda. Dengan fitur ini Anda bisa melihat dengan detail terkait berbagai interaksi dengan pelanggan.

Di Statistik ini Anda akan melihat pesan yang dikirim, pesan yang diterima, yang telah dibaca, dan yang terkirim. Anda bisa menemukan fitur ini di menu setelan.

6. Percakapan akun WhatsApp Biasa Bisa di Migrasikan ke AkunWhatsApp Business.

Jika Anda mempunyai satu nomor HP yang digunakan dalam satu akun WhatsApp, dan Anda tidak ingin kehilangan semua percakapan penting, sedangkan Anda sudah menggunakan WA Business.

Anda bisa migrasikan semua percakan WA biasa Anda ke WhatsApp Business Anda. Jadi dengan fitur ini, semua percakan penting Anda bisa terselamatkan karena semuanya telah ditransfer ke WA Business.

Jika tertarik, silahkan dibaca juga: Peluang Usaha dengan Modal 50 Ribu

Cara Mengunduh atau Download WhatsApp Business

Cara download WhatsApp Business sebenarnya sama saja seperti mengunduh aplikasi WA di Play Stor maupun di App Store, yang membedakan hanya itu tadi yang sudah saya bahas di atas.

Jika Anda kebingungan, silahkan download disini, otomatis Anda akan diarahkan ke Play Store dan wApp Store.

  1. Untuk pengguna Android silahkan: Download WhatsApp Business for Android
  2. Untuk pengguna iPhone, atau membuka WhatsApp Business di komputer/PC Windows atau Mac nanti saya update lagi. Karena sekarang belum tersedia.

Kesimpulan

Dengan hadirnya WhatsApp Business ke jagat dunia maya, jelas ini sangat membantu untuk semua kalangan pengusaha, dari usaha kecil (UKM), sampai perusahan besar untuk melayani para pelanggannya, dan bisa memaksimalkan penjualan dan kemajuan perusahaan.

Demikianlah pembahasan Menggunakan WhatsApp Business untuk Usaha Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengunjung semua, dan menjadi penyemangat bagi para pelaku usaha kecil menengah.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan