Mengenal Tanda Daur Ulang Pada Kemasan Plastik

Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik, pasti kamu melihat tanda aneh yang berbentuk segitiga kecil atau lingkaran kecil, biasanya letaknya dibawah bagian belakang kemasan. Jangan heran ya.

Mengenal Tanda Daur Ulang Pada Kemasan PlastikJika kamu membeli sesuatu yang dikemas dalam botol plastik atau jenis kemasan plastik lainnya, pasti kamu melihat tanda aneh yang berbentuk segitiga kecil atau lingkaran kecil, biasanya letaknya dibawah bagian belakang kemasan. Jangan heran ya, itu adalah tanda daur ulang plastik kemasan tersebut yang sesuai dengan jenis plastiknya.

Saya berpikir kenapa harus pakai tulisan kode dan segita? Oke lah positif thinking saja, mungkin memberitahu kode daur ulang plastik dengan munuliskannya dengan lengkap, itu tidak muat di kemasannya, kepanjangan. Jadi mereka sepakat untuk menuliskannya dengan kode hurup dan segitiga. Itu pendapat saya.

Sampai sekarang saya tidak mengetahui, siapa yang merumuskan kode daur ulang tersebut? Ko bisa kompak ya, kemasan plastik di seluruh dunia memakai kode tersebut. Mungkin nanti saya mendapatkan jawabannya, atau jika sobat mengetahuinya, silahkan beritahu saya di kolom komentar. Oke kita kembali ke topik, langsung saja, berikut penjelasannya.

Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik

  1. PET/PETE. Tanda ini sering sekali ditemukan pada produk berbahan plastic seperti, botol jus, botol air mineral, dll. PET artinya Polyethylene Terephthale. Tanda jenis ini berbentuk segitiga dengan angka 1 tertera ditengah dalam segitiga tersebut. Ini artinya, botol dengan tanda PETE/PET untuk tidak digunakan secara berulang kali, harus satu kali pakai. Dilarang menyimpan air hangat dalam botol jenis PETE/PET apalagi air panas. Ini bahaya karena lapisan polimer botol akan meleleh dan akan mengeluarkan zat karsinogenetik yang mengakibatkan penyakit kanker jangka panjang.
  2. HDPE. Tanda HDPE sering ditemukan pada plastic gallon air minum, Tupperware, botol susu, dll. HDPE artinya High Density Polyethylene. Kamu akan menemukan angka 2 pada bagian tengah logo HDPE. Jenis tanda ini lebih keras, lebih kuat, tahan terhadap suhu yang tinggi.
  3. PVC/V. Jenis plastik dengan tanda ini sangat sulit untuk di daur ulang. Tanda jenis PVC/V bisa ditemukan pasa plastic botol dan plastik pembungkus. Tanda ini diberi angka 3 di bagian tengahnya. Kamu harus berhati-hati sekali, karena reaksi antara makanan dan PVC sangat berbahaya untuk hati, berat badan dan ginjal.
  4. LDPE. LDPE singkatan dari Low Density Polyethylene. Diberi tanda dengan angka 4 di bagian tengahnya. Contohnya seperti plastik untuk tempat makanan, kemasan dan botol yang lembek.
  5. PP. Biasanya digunakan pada botol yang transparan alias tidak jernih. Mudah dan ringan dengan daya penembusan uap rendah, polipropilen lebih kuat, tahan terhadap lemak, dan stabil pada suhu tinggi. Jenis PP ini diberi angka 5 pada bagian tengah. Jenis plastik ini sangat disarankan untuk menyimpan makanan dan minuman.
  6. PS. Biasa digunakan untuk tempat makanan Styrofoam, dan tempat minum untuk sekali pakai. PS ini diberi simbol angka 6. Sangat disarankan untuk tidak memakai plastik jenis ini. Karena sangat berbahaya, resikonya seperti gangguan hormone esterogen pada wanita, berbahaya bagi kesehatan otak, dan sistem saraf. Plastik dengan simbol angka 6 ini sangat susah untuk di daur ulang.
  7. OTHER. Tanda ini bisa ditemukan dengan mudah karena simbol ini bertuliskan OTHER atau angka 7 di bagian tengahnya. Biasanya tanda ini bisa ditemukan pada botol yang sering di isi air minum, seperti botol untuk olah raga, atau plastik selain botol seperti computer, suku cadang motor atau mobil, alat-alat elektronik, dll.

Demikianlah pembahasan tentang kode pada kemasan plastik untuk di daur ulang. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk semuanya, dan menambah pengetahuan kita untuk lebih berhati-hati dalam membeli sesuatu dalam kemasan plastik.

Tinggalkan Balasan