Mengenal Jenis Jaringan Komputer

beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin bisa bermanfaat untuk digunakan sehari-hari tidak mengeluarkan uang banyak dan gratis
Photo by Jeramey Jannene

Pembahasan Jenis Jaringan Komputer kali ini meneruskan pembahasan yang beberapa waktu lalu saya tulis yaitu belajar tentang jaringan komputer, pembahasan ini saya tulis dengan sederhana supaya mudah dipahami.

Orang awam menilai jaringan komputer itu adalah internet, ‘padahal bukan hanya internet saja’, ada beberapa jenis jaringan yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui.

Ada beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin bisa bermanfaat untuk digunakan sehari-hari dan tidak mengeluarkan uang banyak, bahkan bisa gratis, asal kita tahu caranya.

Satu-satunya cara untuk mengkategorikan jenis jaringan komputer adalah dengan mengukur ruang lingkup atau skala wilayah.

Mengenal Jenis Jaringan Komputer

  1. LAN (Local Area Network) adalah jaringan internal yang berada di dalam sebuah bangunan, ini sering digunakan untuk menghubungkan workstation dan computer pribadi, perusahaan atau pabrik-pabrik untuk dipakai bersama (misalnya printer, media penyimpanan/storage) dan saling bertukar informasi.
  2. MAN (Metropolitan Area Network) adalah versi LAN dengan cakupan area yang lebih luas, teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat menjangkau kantor-kantor perusahaan yang letaknya saling berdekatan di sebuah kota, MAN bisa dimanfaatkan untuk keperluan umum atau pribadi.  Kelebihan MAN mampu mengirim suara dan data, bahkan bisa dihubungkan dengan jaringan televisi kabel.
  3. WAN (Wide Area Network) jangkauan koneksinya daerah geografis yang luas, biasanya mencakup sebuah benua dan negara.
  4. Internet (Interconnection Networking) adalah terhubungnya seluruh jaringan komputer dengan menggunakan TCP/IP (standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite) sebagai packet switching communication protocol (protokol pertukaran paket) yang berfungsi untuk melayani miliaran penggunan aktif di seluruh dunia.
  5. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel) suatu solusi terhadap berbagai komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan kabel. Kelebihan jaringan tanpa kabel lebih leluasa dalam bergerak dalam melakukan aktifitas komunikasi.

Itulah 5 jenis jaringan komputer yang sampai saat masih dipakai.

Saran dari saya, jika kebutuhan kita sederhana dan tempat kita saling berdekatan ada baiknya menggunakan jaringan selain jaringan internet.

Demikianlah pembahasan Mengenal Jenis Jaringan Komputer, semoga ini bisa bermanfaat untuk semua, jika dalam pembahsan ini ada kesalahan mohon dikoreksi.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan