Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

Bisnis Online di Indonesia sangat menjanjikan loh! Sudah terbukti bisnis online di Indonesia mengalami peningkatan jumlah pertumbuhan sebesar 500% dalam 5 tahun ini. Logikanya bisnis online dengan modal kecil, apabila Anda menjual apapun di Internet pasti laku keras, asalkan pasarnya tepat sasaran. Berikut caranya.

Bisnis Online di Indonesia sangat menjanjikan loh! Sudah terbukti bisnis online di Indonesia mengalami peningkatan jumlah pertumbuhan sebesar 500% dalam 5 tahun ini. Logikanya bisnis online dengan modal kecil, apabila Anda menjual apapun di Internet pasti laku keras, asalkan pasarnya tepat sasaran. Berikut caranya.Apabila Anda sedang kebingungan mencari cara untuk memulai BISNIS ONLINE DENGAN MODAL KECIL, berarti sekarang Anda sudah menemukan jawabannya.

Pastinya banyak sekali kendala yang Anda hadapi ketika ingin berbisnis online, pasti kendala utamanya yaitu produk yang nanti akan Anda jual. Anda akan ragu-ragu, “apakah laku di pasaran internet ataukah tidak laku.”

Banyak sekali pelaku bisnis online yang tidak laku produknya, Anda ingin tahu penyebabnya? Saya akan bahas pada artikel ini lengkap dan cara mengatasinya.

Bisnis Online di Indonesia sangat menjanjikan loh! Sudah terbukti bisnis online di Indonesia mengalami peningkatan jumlah pertumbuhan sebesar 500% dalam 5 tahun ini.

Logikanya bisnis online dengan modal kecil, apabila Anda menjual apapun di Internet pasti laku keras, asalkan pasarnya tepat sasaran. Berikut cara-caranya:

Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil untuk Para Pemula

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar bisnis online berjalan dengan lancar dengan hasil yang memuaskan.

1. Carilah dan Temukan produk yang Dibutuhkan Oleh Orang Banyak di Internet

Jika Anda sudah menemukan pasar, pastinya Anda sangat mudah untuk menjualnya. Adakah cara menemukan pasarnya? Tentunya ada, berikut adalah cara menemukan pasar.

  1. Bergabunglah ke group apapun yang ada di sosial media, tapi cari group yang membutuhkan produk, seperti group otomotif, komputer, android, dll.
  2. Temukan masalah yang berkaitan dengan produk yang paling banyak dialami para member di group tersebut.
  3. Mencari pasar dengan cara melakukan reset kata kunci di Google Trends atau keyword planner dan cari lalu temukan hasil pencarian yang paling banyak setiap minggu, atau setiap bulannya.
  4. Jika pasar online sudah Anda temukan, langkah selanjutnya adalah menyediakan produk.

Dalam menyediakan produk untuk dijual pasti terkendala dengan modal, maklum lah namanya juga Bisnis Online dengan Modal Kecil.

Jika Anda tidak punya modal sama sekali atau mempunyai modal yang minim alias kecil, saya sarankan untuk memakai sistem dropship.

Atau mencari peluang usaha dengan modal kecil, seperti dalam tulisan saya sebelumnya, silahkan dibaca: Peluang Usaha dengan Modal 50 Ribu

Apa itu sistem dropship? Sistem dropship adalah sistem dimana Anda meminta ke si penjual untuk mengirimkan produk/barang ke pelanggan Anda.

Kalau bahasa kasarnya Anda itu berperan sebagai cengkau, calo, peranatara.

Jadi Anda adalah sebagai penghubung pihak ke tiga antara pembeli dan penjual.

Anda bisa melayangkan lamaran Anda sebagai dropshipper ke toko-toko besar yang ada di Tokopedia atau Bukalapak. Atau Anda bisa mencari dropshipping yang terpercaya dan jujur dan bisa curhat di Ads id Forum Dropshipping

Atau Anda ingin mencoba cara saya menjadi penjual grosir di Tokopedia dan Bukalapak, silahkan dibaca: Cara Menjadi Penjual Grosir di Bukalapak dan Tokopedia Tanpa Modal

Caranya, Anda bisa mengirim pesan ke mereka dengan bahasa pesan yang sopan santun bahwa Anda ingin menjadi dropshipper, pasti mereka akan senang dengan lamaran Anda.

2. Buatlah Copywriting/Penulisan Produk yang Sangat Menjual dan Menarik.

Nah, setalah Anda mendapatkan produk yang siap untuk dijual, sekarang saatnya membuat tulisan/Copywriting untuk produk yang akan Anda jual.

Harus Anda ketahui, bagian penulisan ini adalah bagian yang sangat krusial dan penting dalam BISNIS ONLINE DENGAN MODAL KECIL

Banyak sekali para penjual online yang gagal menjual produknya gara-gara kualitas tulisan yang sangat buruk.

Anda harus membuat tulisan yang sangat menggoda, dimana calon membeli akan langsung membeli hanya dengan membaca tulisan Anda. Berikut cara:

Cara Copywriting/Penulisan yang Menjual dan Menarik

1. Buatlah judul yang sangat menarik dan Membuat Penasaran.

Sebelum mata calon pembeli melirik kemana-mana, pasti yang pertama dilihat dan dibaca oleh mereka adalah judul.

Anda bisa menggunakan kata-kata menarik yang menggoda mata mereka, seperti contoh di bawah ini:

Menggunakan Angka, contoh: 5 Manfaat……….

Menggunakan Pertanyaan, contoh: Berapakah…..

Dan masih banyak lagi, ini tergantung kreatifitas Anda dalam merangkai kata-kata

2. Anda Harus Menjelaskan Manfaat Produk yang Anda Jual.

Hampir semua calon pembeli mencari manfaat produk sebelum mereka membelinya.

3. Goda Calon Pembeli dengan Penawaran yang Menarik.

Seperti gratis ongkos kirim, diskon, bonus, dan lain-lain.

4. Harus Menggunakan Gambar yang Menarik.

Gunakanlah gambar yang kualiatasnya bagus, dan jangan sama dengan penjual saingan Anda.

5. Anda Harus Menciptakan Desakan atau Urgensi Kepada Calon Pembeli.

Dalam tulisan produk Anda selanjutnya adalah ajakan desakan/urgensi kepada calon pembeli. Banyak yang berhasil dengan cara ini.

Contohnya seperti: “Sekarang Stock Terbatas, Hari Rabu Harga Naik, dan lain-lain.” Ini tergantung kreatifitas Anda dalam mengolah kata-kata.

3. Tingkatkan Reputasi Anda

Tidak ada cara lain untuk membangun reputasi baik Anda adalah dengan kejujuran, jangan sekali-kali mengecawakan pelanggan Anda.

Aktiflah di group-group dimana Anda bergabung dan menjual produk Anda di group tersebut.

Seperti memberi solusi kepada anggota group yang sedang kebingungan, atau membuat postingan yang menarik dan bermanfaat di group.

Kesimpulan

Bisnis online sama halnya dengan bisnis offline, yang membedakannya adalah media, dan transaksinya saja.

Dalam bisnis offline Anda harus lihai dalam berbicara dalam menjelaskan produk yang Anda jual, kalau bisnis online Anda harus lihai dalam merangkai kata-kata.

Demikianlah pembahasan apa adanya tentang Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil dari saya, yang berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda, dan memberi gambaran bagaimana bisnis online itu, dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan