Manfaat Jahe untuk Kesehatan Manusia

Memanfaatkan Jahe untuk kesehatan manusia sudah dilakukan dari beberapa ribu tahun yang lalu, apakah kita masih ragu untuk menggunakannya

Manfaat Jahe untuk kesehatan memang sudah terbukti, ini sebuah alternatif untuk mencegah maupun mengobati tanpa resiko medis.

Memanfaatkan Jahe untuk kesehatan manusia sudah dilakukan dari beberapa ribu tahun yang lalu, apakah kita masih ragu untuk menggunakannya
Photo by Eliot Phillips

Jahe adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya dan sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Bukan hanya itu saja, jahe juga termasuk jenis bumbu masakan yang sering sekali dipakai oleh ibu-ibu untuk memasak.

Jahe dikenal sebagai obat tradisional sederhana yang sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dikutip dari Boldsky pada Senin (03/10/2016).

Inilah Manfaat Jahe untuk Kesehatan Manusia

  1. Batuk. Caranya hancurkanlah sepotong jahe, lalu didihkan untuk dijadikan teh. Minumlah setiap hari, khasiatnya dapat membebaskan dan menyembuhkan dari sakit tenggorokan dan batuk.
  2. Infeksi. Zat yang dikandung oleh jahe adalah gingerol yang fungsinya untuk melindungi dari berbagai infeksi. Seperti, jika kamu mempunyai infeksi pada pernapasan maka minumlah teh jahe secara teratur.
  3. Nyeri otot. Jika kamu merasakan nyeri otot karena sudah melakukan berbagai macam kegiatan, maka konsumsilah beberapa gram jahe setiap hari.
  4. Nyeri di saat haid. Caranya adalah dengan menghirup air rebusan jahe beberapa kali. Ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat kram saat menstruasi.
  5. Sakit gigi. Jahe dipercaya memiliki sesuatu zat tertentu yang dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya adalah rebuslah sepotong jahe dengan takaran secangkir air, dan teruslah minum sampai rasa sakit pada gigi reda.
  6. Menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol yang tidak sehat bisa meningkatkan resiko serius pada jantung. Caranya adalah dengan mengkonsumsi tiga gram jahe setiap hari. Ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.
  7. Gula darah. Ini kabar baik untuk penderita diabetes, jika tidak mengetahui tentang keutamaan manfaat jahe. Caranya adalah dengan cara mengkonsumsi dua gram jahe setiap hari, lalu rasakan hasilnya. Tapi sebaiknya sebelum mengkonsumsi jahe konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Sebenarnya ke tujuh manfaat jahe itu belum cukup, masih banyak lagi, coba tanyakan kepada ahli herbal atau kepada nenek kakek kita, pasti mereka hafal.

Baca juga: Cara Benar Menghilangkan Bau Kaki yang Menyengat

Memanfaatkan Jahe untuk kesehatan manusia sudah dilakukan dari beberapa ribu tahun yang lalu, apakah kita masih ragu untuk menggunakannya?.

Artikel di atas memang sudah terbukti, bukan omong kosong belaka, apabila ragu, alangkah baiknya di konsultasikan dulu kepada yang orang berkompeten dalam bidangnya.

Demikianlah pembahasan manfaat jahe untuk kesehatan.

Semoga ini bisa bermanfaat dan berguna untuk semuanya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan