Jalan-jalan ke Situ Cibeureum

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenangMelihat hamparan air yang begitu luas dan tenang itu sangat menyejukan jiwa, semua beban hidup sejenak hilang, itulah perasaan saya ketika melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang. Sebenarnya bahasa situ itu adalah bahasa Sunda yang artinya danau, jadi Situ Cibeureum dalam bahasa Indonesia adalah Danau Cibeureum.

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Letak situ Cibeureum berada di Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Dulunya situ ini berada di wilayah kecamatan Cibeureum, setelah di mekarkan, situ ini berada di wilayah kecamatan Tamansari. Situ Cibeureum memiliki luas yang cukup lumayan besar yaitu 21 Ha. Jika ditempuh dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 20 menit.

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Ini kebetulan saya baru pulang dari situ. Saya sengaja jalan-jalan ke Situ Cibeureum karena ingin tahu informasi lebih mendalam. Jujur saja, saya orang Tasik asli tapi tidak tahu-menahu tentang Situ Cibeureum. Ah dari pada di rumah tidak ada kerjaan, langsung cabut saja. Sesudahnya sampai, saya nekat tanya-tanya kepada orang-orang yang saya temui di sekitar situ Cibeureum, semua hal tentang situ bersejarah ini saya tanyakan, ternyata tidak sia-sia, semua hal tentang situ berhasil saya dapatkan.

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Sebetulnya untuk bertanya bisa langsung ke kuncennya yang bernama Bapak Atang, pasti informasinya valid. Dikarenakan rumahnya tidak tahu, dan persiapan juga tidak memungkinkan, akhirnya saya bertanya pada ibu-ibu yang sedang mengambil kayu bakar di sekitar situ Cibeureum.

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Konon Situ Cibeureum sudah ada semenjak penjajah Belanda belum datang ke Indonesia, mungkin masih zaman Kerajaan Padjadjaran akhir. Situ Cibeureum dibuat oleh seorang tokoh yang dihormati pada zamannya, yaitu Ki Tubagus Djamri. Pada zaman dahulu situ ini di dikelilingi bunga-bunga indah. Seiring berjalannya waktu, keindahan bunga itu hilang alias bunganya tidak ada.

Melihat Situ Cibeureum yang begitu resik dan tenang

Menurut saya, yang bikin betah situ Cibeureum adalah suasananya yang tenang dan sepi. Cocok sekali untuk yang lagi cari suasana adem untuk menenangkan diri. Tidak kapok saya main ke sini, rencana kedepannya saya akan mengajak istri saya, dan anak-anak saya, pasti mereka menyukainya.

Demikianlah sedikit cerita tentang Situ Cibeureum, pasti ini masih kurang dan tidak sempurna. Mungkin sobat pengunjung yang lebih tahu dari saya, silahkan di share di komentar.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan