Cara Merakit Komputer Server Secara Sederhana

Sudap pada tahu kan, sulitnya merakit komputer server sendiri? Tapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang penting kamu ada kemauan, dan ulet dalam mengikuti tahap demi tahapnya. Mempersiapkan Perakitan Komputer Server Secara Sederhana

Sudap pada tahu kan, sulitnya merakit komputer server sendiri? Tapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang penting kamu ada kemauan, dan ulet dalam mengikuti tahap demi tahapnya. Mempersiapkan Perakitan Komputer Server Secara SederhanaApakah kamu ingin tahu cara Merakit Komputer Server?, tapi kebingungan mengenai caranya. Oke, kabar baik untuk kamu, hilangkan semua kebingungan kamu, karena kali ini saya akan menuliskan sebuah cara merakit komputer server.

Sudap pada tahu kan, sulitnya merakit komputer server sendiri? Tapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang penting kamu ada kemauan, dan ulet dalam mengikuti tahap demi tahapnya.

Mempersiapkan Perakitan Komputer Server Secara Sederhana

Sebelum dilanjut, kamu harus tahu dulu mengenai bagian-bagian komputer server, dan harus ada dasar merakit komputer. Jika belum tahu, silahkan baca: Spesifikasi Komputer Server Yang Bagus dan Harganya

Jika kamu belum berpengalaman, merakit komputer server itu cukup sulit sekali, karena ini berbeda sekali dengan merakit komputer biasa.

Hal yang paling menyulitkan dalam proses perakitan server adalah memilih hardware (perangkat keras) yang nantinya akan digunakan.

Karena spesifiaksi hardaware untuk komputer server sangat berbeda dengan komputer biasa.

Saran dari saya untuk kalian yang baru pertama kali merakit komputer server, alangkah baiknya belajar dulu merakit komputer biasa, dan kenali berbagai perangkat keras beserta programnya.

Karena kenapa? Ini akan menjadi modal dasar untuk merakit komputer server.

Cara Merakit Komputer Server Sendiri Secara Sederhana

Sebelum memulai merakit komputer server, saya ulangi ya, alangkah baiknya kamu harus memahami dan mengenali spesifikasi hardware khusus untuk komputer server.

Langsung saja ya dilanjut.

1. Sama halnya dengan komputer biasa, bagian terpenting yang harus kamu perhatikan adalah processor.

Pilihlah processor yang khusus dipergunakan untuk server yang sanggup bertahan bekerja secara maksimal dalam waktu 24 jam. Sekedar tips dari saya, jika kamu memilih intel xeon untuk processor server pastikan memiliki fitur virtualization technology (VT) yang berbasis 64 bit.

Silahkan dibaca mengenai virtualization technology langsung dari website intel: Intel® Virtualization Technology (Intel® VT)
Karena kenapa? Karena ini untuk memastikan server yang kamu rakit siap bekerja untuk microsoft windows server 2008-2013. Berikut adalah jenis-jenis Intel Xeon:

  1. Intel Xeon 5000 sequence
  2. Intel  Xeon E7
  3. Intel Xeon E5
  4. Intel Xeon E3

2. Selanjutnya adalah RAM.

Harus kalian ketahui, RAM dengan ukuran 4 GB sangat buruk digunakan untuk komputer server.

Minimal ukuran RAM untuk komputer server adalah 16 GB. Sekedar saran dari saya, alangkah baiknya jika server yang kalian rakit menggunakan RAM 32 GB, alasannya untuk menghindari masalah error system.

3. Perhatikan Masalah Hard Disk.

Minimal Hard Disk untuk komputer server adalah berukuran 1 terra byte. Dengan ukuran seperti itu, server akan lebih leluasa.

4. Yang terakhir dari yang terpenting dalam merakit komputer untuk server adalah power supply.

Pililah power supply yang handal dan kuat, yang mampu bekerja secara optimal dalam waktu 24 jam tidak cepat panas. Carilah power supply yang mempunyai Liquid Cooling System (cairan pendingin). Berikut adalah power supply yang cocok untuk komputer server:

  1. Power Supply dengan merek Hydro
  2. Power Supply dengan merek Thermaltake
  3. Power Supply dengan merek Corsair

Penutup

Dengan memiliki bagian-bagian hardware yang telah saya tulis di atas, kamu bisa merakit komputer server sendiri. Mengenai masalah pemrogramannya, nanti nyusul ya!.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merakit Komputer Server Secara Sederhana. Semoga pembahasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan