Belajar Tentang Jaringan Komputer

Belajar tentang Jaringan Komputer, sejarah, dan manfaatnyaArtikel ini saya khususkan untuk sobat yang ingin tahu dan belajar tentang Jaringan Komputer. Untuk sobat yang pertama sekolah khususnya SMK yang mendalami hal ini, hukum wajib untuk tahu dan hafal tentang jaringan.

Sobat harus tahu Apa itu jaringan komputer server? Sekumpulan komputer dan perangkat lain yang interkoneksi dengan banyak saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi dan menghubungkan berbagi macam sumber daya dan informasi antara perangkat satu dengan perangkat yang lain.

Untuk lebih sederhananya, jaringan komputer adalah koleksi dari dua, tiga, empat atau lebih komputer yang Komputer itu
dihubungkan bersama-sama yang tujuannya untuk berbagi informasi, dan sumber daya, antara komputer satu dengan berbagai komputer yang lainnya.

Sejarah Jaringan Komputer Server

Pada awalnya Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di  Amerika yang berawal dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I yang dilakukan di laboratorium Bell dan group riset Harvard University.

Proyek ini dipimpin oleh seorang professor yang bernama H. Aiken. Pada awalnya proyek tersebut bertujuan hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer saja yang harus dipakai bersama.

Karena untuk mengerjakan beberapa proses yang banyak tanpa banyak membuang waktu maka dibuatlah sebuah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan langsung dalam satu sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Silahkan yang ini dibaca juga : Spesifikasi Komputer Server Yang Bagus dan Harganya

Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai banyak variasinya maka terciptalah super komputer, sebuah komputer harus melayani beberapa terminal.

Maka dari itu ditemukanlah konsep distribusi proses yang berdasarkan waktu, yang dikenal dengan nama Time Sharing System (TSS), maka untuk yang pertama kalinya bentuk network (jaringan) komputer diterapkan.

Pada sistem Time Sharing System (TSS) beberapa terminal terhubung dengan secara seri ke satu host komputer. Dalam proses TSS ini mulai terlihat berbagai perpaduan teknologi telekomunikasi dan teknologi computer yang pada mulanya berkembang secara masing-masing.

Memasuki era tahun 1970-an, setelah beban berat pekerjaan yang terus bertambah banyak dan harga-harga hardware
komputer besar sudah terasa mahal, maka dimulailah menggunakan konsep Distributed Processing (proses distribusi).

Di dalam proses ini host-host komputer mulai mengerjakan sebuah pekerjaan yang sangat besar dengan sistem secara paralel untuk melayani terminal-terminal yang tersambung secara seri di masing-masing host komputer.

Di dalam proses distribusi pasti sudah mutlak diperlukan beberapa perpaduan yang sangat mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain untuk proses yang harus didistribusikan, masing-masing host komputer wajib melayani banyak terminal hanya dalam satu perintah dari komputer pusat saja.

Pada waktu itu di saat harga-harga komputer umum harganya sudah mulai murah dan konsep-konsep proses distribusi yang sudah matang, maka dengan kemajuan itu pemakaian komputer dan jaringan sudah mulai beraneka ragam dari mulai untuk menangani proses bersama-sama maupun berbagai komunikasi antar komputer yang disebut Peer to Peer System saja tanpa campur tangan komputer pusat. Dengan kemajuan itu maka mulailah berkembangnya teknologi jaringan lokal yang terkenal dengan sebutan LAN

Manfaat Jaringan Komputer Server

Dengan kemajuan teknologi yang sekarang ini dan meningkatnya teknologi kecepatan internet, Di sini jaringan komputer menjadi sangatlah mudah dan sangat praktis, lebih menguntungkan, dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.
Inilah berbagai macam Manfaat yang bisa Anda rasakan dari jaringan komputer, meliputi:

  1. Bisa berbagi file
  2. Bisa bermain game dengan multiplayer
  3. Bisa berbagi multimedia
  4. Bisa berbagi koneksi Internet dengan kecepatan tinggi
  5. Bisa berbagi printer: Sobat bisa mencetak pekerjaan ke printer dari komputer yang lain

Demikianlah pembahasan tentang Jaringan Komputer, semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya yang membutuhkan, akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak telah berkunjung ke blog saya.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Satu tanggapan pada “Belajar Tentang Jaringan Komputer”

Tinggalkan Balasan