Bagaimana Merancang Ide Bisnis yang Baik

Merancang Ide Bisnis untuk usaha sangat perlu dilakukan agar semua ide yang Anda dapatkan tidak berantakan

yang harus Anda pikirkan dalam merancang ide bisnis dan Anda tulis adalah mengenai pemasaran dan penjualannya
Photo by Scott Maxwell

Merancang Ide Bisnis untuk usaha sangat perlu dilakukan agar semua ide yang Anda dapatkan tidak berantakan. Banyak sekali manfaat jika Anda memakai rancangan yang benar, percayalah ini akan memudahkan Anda dalam melangkah. Yang sebelumnya Anda memikirkan Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat.

Perancangang ide yang bagus bukan hanya menentukan awal dan tujuan bisnis, tetapi bagian penting untuk memulai bisnis dan menggapai sukses.

Dalam merancang ide bisnis harus memetakan bagaimana bisa berjalan dalam jangka waktu panjang, dan melaksanakannya dalam membantu mencapai target.

Merancang Ide Bisnis yang Anda tuliskan akan membantu Anda dalam mendapatkan:

  • Visi misi Bisnis Anda. Dapat memberikan pemahaman yang baik tentang semua target beserta alasannya.
  • Strategi Bisnis yang Baik. Ini sangat membantu merumuskan tahap demi tahap yang harus Anda ambil.
  • Mendapatkan Kepercayaan dari Semua Pihak. Sangat membantu para calon investor, rekan, mitra-mitra, dan pihak yang lainnya melihat perkembangan bisnis Anda.

Untuk pembuatan rencana bisnis yang baik, mulailah dengan menuliskan gambaran-gambaran tentang bisnis Anda secara lengkap dan menyeluruh.

Berikut gambaran detail tentang bisnis Anda yang harus Anda tulis:

  1. Tulislah Nama Bisnis Anda
  2. Jasa atau produk yang akan Anda Jual
  3. Tentukan Siapa Target Pasar

Contohnya dari 3 point rencana: “Sebuah warung makan di Bandung yang bernama Bandung Kuliner.”

Di warung makan Anda dijual kuliner, target pelanggannya adalah orang-orang yang berumur sekitar 25-55 tahun.

Target suksesnya menjadi ‘warung makan yang sangat terkenal dan populer di kota Bandung.’

Mengenai detail harus menuliskan semua nama pegawai, tim, mitra Anda, seperti: Kepala, tim marketing, koki, desainer, dan lain-lain, letak lokasi bisnis Anda, dan cara kerjanya.

Tambahkan beberapa catatan tentang biografi singkat oran-orang yang Anda anggap penting dalam bisnis Anda, dan jangan lupa tulislah posisi mana saja yang kosong dan harus diisi.

Selain itu mengenai latar belakang dan keahlian Anda dan orang penting dalam bisnis Anda , dan jelaskan mengenai bagaimana keahlian-keahlian tersebut bermanfaat dalam bisnis Anda.

Setelah semuanya selesai, saatnya menuliskan Analisa, reset pasar, dan kompetitor berat/pesaing utama dalam bisnis Anda.

Saatnya memikirkan para pesaing utama atau kompetitor berat dalam bisnis Anda. Lihatlah siapa pemain utamanya dalam pesaing Anda, seberapa besar pasar yang mereka kuasai, dan tentukan berapa besar pasar yang nantinya akan Anda kuasai.

Oke, setelah semuanya sudah beres, sekarang rencanakan dan tulis tentang masalah perizinan, peraturan-peraturan, susahnya menemukan lokasi yang strategis, kurangnya pegawai, tim, atau mitra, dan masalah kecemasan yang timbul akibat dari kuliner yang Anda jual.

Berikutnya yang harus Anda pikirkan dalam merancang ide bisnis dan Anda tulis adalah mengenai pemasaran dan penjualannya. Mencari cara untuk mempromosikan, mengiklankan bisnis Anda.

Yang berikutnya adalah tulislah target yang harus Anda capai supaya bisnis Anda tetap stabil dalam segi keuangan, seperti: target mencapai penjualan, harus tahu kapan pasang surut rugi, dan perkirakan kapan modal akan kembali dan selanjutnya mendapatkan keuntungan.

Dan ini yang yang harus Anda pikirkan, yaitu tulislah secara mendetail perkiraan modal yang dibutuhkan, dan beberkan semua yang Anda butuhkan, perkirakan berapa lama modal awal akan bertahan, dan pikirkan lagi berapa jumlah modal untuk melanjutkan kedepannya.

Jika Anda akan mengajukan permintaan modal atau meminjam modal kepada calon investor, maka lampirkan semua informasi keuangan Anda, yang nyata maupun proyeksinya. Tulislah berapa perkiraan angka pendapatan penjualan setiap hari dan setiap bulannya. Ini sangat bermanfaat sekali untuk menyakinkan calon investor dalam memahami keadaan keuangan Anda.

Demikianlah pembahasan tentang Merancang Ide Bisnis yang Baik, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga bisnis kita semua lancar dan berjalan dengan baik.

Penulis: ridwanris

Saya Asep Ridwan Rismanto seorang karyawan swasta dan hobi saya adalah menulis di blog.

Tinggalkan Balasan