7 Jenis Makanan Kadaluwarsa yang Aman Dikonsumsi

Makanan yang sudah kadaluwarsa itu tidak layak lagi dikonsumsi, tapi ada Makanan Kadaluwarsa yang Aman Dikonsumsi

7 Jenis Makanan Kadaluwarsa yang Aman DikonsumsiPastinya kita tahu jika makanan yang sudah kadaluwarsa itu tidak layak lagi dikonsumsi, karena kita tahu akibat yang akan ditimbulkan bagi kesehatan tubuh kita, lalu kita cepat-cepat membuangnya begitu saja.

Harus sobat ketahui, ini penting. Food waste atau dalam bahasa Indonesianya limbah makanan adalah masalah terpenting di muka bumi ini, hampir seluruh negara yang ada di dunia ini menghadapi masalah food waste. Limbah makanan yang senilai 13 miliar pound sterling terbuang begitu saja setiap tahunnya di negara Inggris. Entah berapa miliar rupiah food waste yang terbuang sia-sia di negara kita ini.

Makanan kadaluarsa salah satu penyumbang terbesar dalam masalah limbah makanan.

Carla Griscti dalam postingannya untuk Sheer Luxe. Carla Griscti menyatakan ada 12 jenis makanan yang bisa dikonsumsi kembali dengan aman walaupun sudah kadaluarsa, tetapi dipostingan ini saya akan menuliskan 7 jenis makanan saja. Dikutip dari Daily Mail, Jumat (31/3/2017), berikut di bawah ini rinciannya.

7 Jenis Makanan Kadaluwarsa yang Aman Dikonsumsi

1. Telur

Ternyata telur masih layak dikonsumsi walaupun sudah tanggal kadaluarsa. Tapi syaratnya telur harus disimpan di dalam kulkas. Dari waktu pembelian, telur mampu bertahan dalam waktu 3 minggu. Jika telur sudah berbau busuk, maka jangan dikonsumsi, karena telur sudah rusak. Cara mengeceknya gampang, membedakan antara telur yang berbau busuk dan telur yang masih segar. Caranya, celupkanlah telur ke dalam air, jika telur tenggelam dan diam di dasar air, itu tandanya telur masih segar. Tapi sebaliknya, kalau telur mengambang di atas permukaan air, itu tandanya, telur sudah busuk.

2. Makanan Kaleng

Meski sudah tanggal kadaluarsa, faktanya hampir semua makanan kaleng masing layak dan aman untuk dikonsumsi. Makanan kaleng sanggup bertahan selama 4 tahun, asal penyimpanannya terhindar langsung dari sinar matahari, dan di tempat yang sejuk.

3. Keripik dan Biskuit

Makanan kripik dan biskuit akan hilang kerenyahannya setelah tanggal kadaluarsa, tapi dua makanan tersebut sesungguhnya tidak berbahaya, tapi harus 1 minggu waktunya dari tanggal kadalurasa.

4. Roti

Roti akan mengeluarkan jamur jika sudah masuk tanggal kadaluarsa, itu diakibatkan karena penyimpanannya di tempat terbuka. Roti akan bertahan, kuat dalam waktu 2 minggu, tapi harus diperhatikan cara penyimpanannya, yaitu simpanlah roti di dalam kulkas.

5. Susu

Jangan khawatir jika susu sudah masuk tanggal kadaluarsa ataupun sudah lewat dari tanggal kadaluarsa, selama aroma susu dan rasanya tidak berubah, maka susu masih layak dikonsumsi. Yang harus diperhatikan adalah cara penyimpanannya, simpanlah susu di dalam kulkas, karena itu akan menjaga kesegaran susu. Susu akan mampu bertahan dalam waktu 1 minggu dari kadaluarsa, itupun cara penyimpanannya harus baik dan benar.

6. Cokelat

Yang harus diperhatikan dari coklat adalah, selama rasanya tidak berubah, baunya tidak aneh, dan tidak menimbulkan hal-hal negatif pada tubuh, maka coklat masih layak dikonsumsi. Coklat biasanya akan mengeluarkan bintik-bintik putih jika sudah masuk tanggal kadaluarsa, jangan aneh, itu adalah bentuk kristalisasi dari gula di dalam coklat, itu tidak akan mendatangkan masalah untuk kesehatan.

7. Keju

Jika keju memasuki tanggal kadaluarsa atau sudah lebih dari tanggal kadaluarsa, tekstur keju akan lebih keras, itu diakibatkan oleh jamur. Keju masih bisa dikonsumsi walah sudah kadaluarsa, caranya dengan membuang jamur yang ada di dalam keju.

Demikianlah 7 jenis makanan kadaluarsa yang aman dikonsumi. Semoga postingan ini bermanfaat untuk semuanya dalam rangka mengurangi limbah makanan.

Tinggalkan Balasan